Kementerian PUPR Selesaikan Penggantian 9 Jembatan Tipe Callender Hamilton Sebagai Penghubung Antarwilayah di Jawa Timur 

RILIS PUPR 2

30 APRIL 2024

SP.BIRKOM/IV/2024/133

 

Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penggantian 9 jembatan dengan tipe Callender Hamilton (CH) di Provinsi Jawa Timur. Program penggantian jembatan lama ini merupakan bagian dari mitigasi risiko jembatan runtuh karena usia tua di atas 40 tahun, salah satunya karena dampak beban berlebih kendaraan (overloading). 

 

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja mengatakan kegiatan penggantian 9 jembatan dengan tipe Callender Hamilton ini telah selesai seluruhnya dan sudah dibuka lalu lintasnya guna mendukung pergerakan orang, jasa, dan memperlancar distribusi logistik di Jawa Timur. 

 

“Dengan selesainya penggantian jembatan Callender Hamilton ini diharapkan konektivitas antarwilayah terus terjaga, bahkan semakin meningkat guna mendorong perekonomian masyarakat di Jawa Timur,” kata Endra S. Atmawidjaja yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR. 

 

Penggantian 9 jembatan baru tipe Callender Hamilton di Jawa Timur merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) antara Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga dengan PT Baja Titian Utama sebagai Badan Usaha Pelaksana dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) dengan biaya Rp591,9 miliar. Pekerjaan penggantian dilaksanakan selama 2021-2023 dengan total panjang penanganan 2.116 meter. 

 

Seluruh jembatan yang ditangani berada dalam sistem jaringan jalan nasional dan jalur logistik utama yang tersebar di 8 kabupaten, Provinsi Jawa Timur, yakni Jembatan Ngujang dengan panjang penanganan 228 meter di Kabupaten Tulungagung, Jembatan Bandar Ngalim (184 meter) di Kota Kediri, Jembatan Jetak (272 meter) di Kabupaten Bojonegoro,dan Jembatan Kalitakir (299 meter) di Kabupaten Banyuwangi.

 

Dua jembatan di Kabupaten Pacitan dengan total penanganan 614 meter, yakni Jembatan Teleng (309 meter) di Jalan Raya Tompak Rinjing dan Jembatan Kangkung (305 meter) di Jalan Raya Pacitan-Trenggalek. Selanjutnya 3 jembatan lainnya adalah Jembatan Wirolegi (124 meter) di Kabupaten Jember, Jembatan Trisula Lama (200 meter) yang menghubungkan Kota Blitar dengan Kabupaten Tulungagung, dan Jembatan Munjungan (135 meter) di Kabupaten Trenggalek.

 

Penggantian 9 jembatan di Jawa Timur bagian dari proyek nasional duplikasi/penggantian 37 jembatan dengan tipe Callender Hamilton selama 2021-2023. Selain Jawa Timur, penggantian jembatan tipe Callender Hamilton juga selesai dilaksanakan di Provinsi Banten (3 jembatan), Jawa Barat (16 jembatan), dan Jawa Tengah (9 jembatan). (*)

 

Biro Komunikasi Publik

Kementerian PUPR

 

Facebook : Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Twitter : @kemenpu

Instagram : kemenpupr

Youtube : kemenpu

 

#PUPRSigapMembangunNegeri

Hubungi Kami:

Sekretariat PPID Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Ruang Pelayanan Publik Terpadu, Gedung Utama Lantai 1
Jl Pattimura Nomor 20, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110

  •  (021) 158
  • informasi@pu.go.id